Pilkada 2020- Bawaslu Sumut Gelar Kegiatan ToT Bimtek Panwascam untuk Kab/Kota yang melaksanakan Pilkada

by admin

Medan – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara menggelar kegiatan Training of Trainer (ToT) dalam rangka Bimbingan Teknis bagi Panitia Pengawas Kecamatan Dalam Rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 yang dilaksanakan di Hotel Grand Antares Medan, 20-22 Desember 2019.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Utara Syafrida R Rasahan yang sekaligus membuka acara. Pelaksanaan ToT ini penting dilaksanakan sebelum pelantikan dengan tujuan agar Bawaslu Kabupetan/Kota dapat  memberikan bimbingan dan pembekalan bagi panwascam sebelum mereka melaksanakan tugas.

“Bawaslu Kabupaten/Kota merupakan ujung tombak dari Panwascam. Sehingga ToT ini menjadi penting, agar kelak saat dilaksanakan Bimtek, semua Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota siap dan cakap dalam memfasilitasi Panwascam dalam memahami tugas dan fungsi Panwascam. Karena panwascam merupakan ujung Tombak pengawasan dtitingkat kecamatan dan merupakan perpanjang tangan Bawaslu kabupaten/kota dlm mengawasi pilkada di kabupaten/kota” Jelas Syafrida

“Pengalaman selama ini jika jajaran pengawas ditingkat kecamatan tidak maksimal dibekali maka akan berakibat kualitas pengawasan juga tidak maksimal. Ada beberapa poin yang menjadi catatan saya diantaranya waktu pelaksanaan yang kurang maksimal, fasilitator yang kurang memahami modul serta perencanaan yang kurang maksimal.  Saya tidak ingin itu terulang lagi” Ujar Perempuan yang sudah dua periode memimpin Bawaslu Sumut

ToT tidak hanya membekali para fasilitator dengan kemampuan Teknis Pemilu, namun juga menguasai aspek non teknis nya.

“Saya meminta agar peserta benar-benar mengikuti ToT ini dengan baik dan tidak ada waktu lagi untuk bersantai-santai. Karna peserta yang hadir pada hari ini yang berhak menjadi fasilitator dalam kegiatan Bimtek Panwascam di Kabupaten/Kota masing-masing, dan tidak boleh diganti dengan orang yang belum mengikuti ToT” Sambung Perempuan yang ramah disapa Ida.(Uswa Harahap)

You may also like

Leave a Comment