Sosialisasi Pilkada di Binjai, Suhadi Minta Semua Elemen Masyarakat Terlibat

by admin

Binjai, Bawaslu Sumut_Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, Bawaslu Sumut melakukan sosialisasi pengawasan Pilkada 2020 ke masyarakat. Seperti halnya yang dilakukan di Kota Binjai, Kamis 19 Desember 2019 bertempat di Graha Kardopa Hotel.

Dikesempatan ini Anggota Bawaslu Sumut Suhadi S. Situmorang mengajak semua elemen masyarakat Kota Binjai terlibat dalam pengawasan Pilkada 2020.

Suhadi menyatakan bahwa Bawaslu tidak dapat mengawasi sendiri penyelenggaraan Pilkada 2020 tanpa keterlibatan masyarakat. “Seperti yang kita lihat bersama bahwa Pilkada 2015 di Kota Binjai partisipasi masyarakat 77,7%, ini menandakan bahwa masyarakat telah turut aktif dalam penyelenggaraan Pilkada,” katanya.

Suhadi juga mengibaratkan Pilkada itu ibarat sebuah pesta pernikahan yang didalamnya ada pelibatan warga, sehingga pesta tersebut dapat berlangsung dengan baik. “Seperti kita menyelenggarakan pesta pernikahan, tentu ada panitia, ada pengantin dan ada tamu yang datang, demikian juga Pilkada nanti semua elemen harus terlibat,” ujar Mantan Ketua KPU Samosir ini.

Disisi lain Suhadi juga menjelaskan bahwa Pilkada itu ujian demokrasi yang didalamnya ada perbedaan pilihan. “Didalam satu keluarga bisa saja ada perbedaan pilihan tetapi itu tidak berpengaruh terhadap kehidupan keluarga, sebut saja suami, istri dan anak-anak yang berbeda pilihan tetapi mereka tetap satu keluarga,”katanya.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa Kota Binjai menjadi salah satu dari 23 Kabupaten/Kota di Sumut yang menyelenggarakan Pilkada 2020, sehingga Suhadi mengajak untuk semua elemen terlibat didalamnya. “Untuk seluruh elemen masyarakat seperti komunitas-komunitas, pemilih milenial, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masayarakat dan lain-lain, mari turut aktif mengawasi proses Pilkada ini, karena proses yang baik dengan keterlibatan seluruh masyarakat akan bermuara ke hasil pemilihan yang baik,” pungkasnya.(suryantilubis)

You may also like

Leave a Comment