Resiko Kesehatan Menjadi Atensi Pilkada

by admin

Medan, Bawaslu Sumut – Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R Rasahan menghadiri Undangan Rapat Pelaksanaan Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2020 yang diadakan oleh Setda Provinsi Sumatera Utara di Pendopo Rumah Dinas Gubsu, Selasa (25/08/2020).

Acara tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan dihadiri oleh unsur Forkopimda Sumut, KPU dan Bawaslu Sumut serta diikuti secara daring oleh KPU, Bawaslu, unsur Forkopimda dan Pemerintah Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada Serentak Tahun 2020.

Syafrida menyampaikan bahwa pelaksanaan pilkada akan memasuki tahapan pendaftaran paslon yang akan dilaksanakan tanggal 4 sampai 6 September 2020.

Menjadi atensi Bawaslu dan juga semua pihak resiko penyebaran Covid-19. “Kita berharap seluruh peserta, penyelenggara pemilihan dan juga masyarakat supaya tetap mentaati protokol kesehatan. Jangan sampai muncul cluster baru di pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 nanti,” ujar Syafrida.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah potensi pemanfaatan fasilitas pemerintah oleh petahan untuk kepentingan politik.

Syafrida mengapresiasi Gubernur karena telah menyurati 23 Kabupaten/Kota agar tidak menggunakan kegiatan bansos sebagai kegiatan politik para bupati atau walikota yang akan menyelenggarakan pilkada.

Selain masalah keamanan, persoalan politik uang menjadi salah satu kerawanan yang sangat mungkin terjadi melihat perekonomian masyarakat yang cukup sulit akibat pandemi Covid-19. Tidak hanya itu, persoalan netralitas ASN juga menjadi atensi penting. “Mohon bantuan pak gubernur, agar seluruh jajaran dapat mengingatkan ASN yang ada di 23 Kabupaten/Kota untuk dapat menjaga netralitasnya, begitu juga TNI dan Polri,” tambah Syafrida.

Syafrida berharap seluruh stakeholders bisa menggerakkan masyarakat agar tetap memperhatikan protokol covid pada saat mencoblos nanti, sehingga pelaksanaan pemilihan bisa berjalan lancar dengan partisipasi masyarakat yang tinggi.

Penulis : Mika Situmorang
Editor  : Edward Bangun
Foto    : Armaya Wikana

You may also like

Leave a Comment