Bawaslu Sumut menghadiri Video Conference Polda Sumut

by admin

Medan, Bawaslu Sumut–Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Utara Syafrida R Rasahan bersama Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs Martuani Sormin M Si dan Ketua KPU Sumut Herdensi Adnin mengikuti teleconference di ruangan Teleconference Polda Sumatera Utara, Senin (07/09/2020). Teleconference diselenggarakan POLRI dalam rangka Cek Kesiapan Jajaran dalam Penyelenggaraan Pilkada Tahun 2020 di Tengah Masa Pandemi Covid-19.

Wakapolri Komjen Pol Dr Drs Gatot Eddy Pramono M.Si dalam arahannya menyampaikan agar jajaran Kepolisian bersinergi dengan penyelenggara pemilihan KPU dan Bawaslu. Bersama sama dengan seluruh pemangku kepentingan menyosialisasi dan kampanye mengenai pentingnya penerapan protokol Covid-19, agar tidak muncul cluster baru di tahapan Pilkada 2020.

Ketua Bawaslu RI Abhan menyampaikan bahwa Pilkada di tengah Pandemi Covid-19 merupakan hal baru dan pertama di Indonesia. Bawaslu juga berharap semua pelaksanaan tahapan menerapkan protokol Covid-19.

Abhan menyampaikan pengawas pemilihan mengedepankan pencegahan pelanggaran. Jika ditemukan atau adanya laporan pelanggaran, maka Bawaslu akan menindaklanjuti sesuai dengan amanah Undang-Undang 10 Tahun 2016. Dugaan pelanggaran administrasi ditangani oleh Pengawas Pemilihan, sedangkan dugaan pelanggaran pidana menjadi pidana umum yang diteruskan ke Kepolisian.

Ketua KPU RI Arif Budiman menegaskan jajaran KPU tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Dalam pelaksanaan tahapan di tengah pandemi Covid-19, KPU tetap berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan pihak terkait lainnya.

Kesempatan terpisah, Ketua Bawaslu Sumut Syafrida menyampaikan, berdasarkan evaluasi pengawasan pada tahap pendaftaran pasangan bakal calon di 23 kab/kota, masih didapati pelanggaran protokol Covid. KPU Kabupaten/Kota membolehkan bakal peserta yang hasil tes sudah menunjukkan keterangan positif Covid-19 hadir untuk mendaftar. “Ini mengancam kesehatan,” katanya.

Penulis : ADR & IZN 
Editor  : Edward F Bangun 
Foto    : Iqbal 

You may also like

Leave a Comment