Bawaslu RI Fritz Edward Siregar Ingatkan Protokol Kesehatan pada Pelaksanaan Pilkada 2020

by admin

Toba, Bawaslu Sumut – Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar mengingatkan pentingnya menaati protokol kesehatan dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020.

”Kita harus bisa menguatkan kesadaran dalam diri kita masing-masing untuk tetap menjaga kesehatan mengingat kita dalam masa pandemi covid-19 yang masih terjadi di Negara kita,” kata Fritz saat memberikan sambutan dalam acara peningkatan kapasitas Sentra Gakkumdu Kabupaten/Kota di Ruang Rapat Ro’nauli Hotel Niagara, Parapat Sabtu (12/09/2020).

Diingatkanya, bahwa Covid-19 tidak diatur dalam Undang Undang 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota dan Wakil Walikota. Karenanya, bakal pasangan calon yang hasil pemeriksaan dinyatakan positiv Covid-19 tidak kehilangan hak ikut tahapan pemilihan.

Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R Rasahan menyebutkan sampai saat ini belum ada regulasi mengatur tentang pasangan calon yang dinyatakan belum pullih dari Covid-19. Sebagaimana diketahui, sejumlah bakal peserta pemilihan di Sumatrera Utara disebut positiv covid-19.

Dalam kegiatan yang sama, Jaksa Fungsional Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Irma Hasibuan mengatakan, pentingnya protokol kesehatan dalam pelaksanaan pilkada. Pemilih ditegaskan mengenai protokol kesehatan seperti menggunakan masker saat pemungutan suara juga tersedianya hand sanitizer di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kegiatan peningkatan kapasitas Sentra Gakkumdu Kabupaten/Kota diikuti Sentra Gakkumdu SG Kabupaten Karo, Pakpak Bharat, Serdang Bedagai, Kota Medan, Sibolga dan Binjai. Diagendakan kegiatan yang sama dalam empat geombang, dengan jadwal tanggal 12,18,24 dan 30 September 2020.

Penulis : Humas Toba
Editor  : Edward Bangun
Foto    : Riswoko

 

You may also like

Leave a Comment