Jangan Abaikan Isu lain Karena Covid-19

by admin

Batubara, Bawaslu Sumut –Protokol kesehatan pencegahan penyebaran corona virus disease 19 (Covid-19) dalam tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) menjadi bagian yang turut diawasi Pengawas Pemilihan. Butuh konsentrasi dan fokus pengawasan, sehingga potensi pelanggaran lainya tidak menjadi hal yang terabaikan.

Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin mengatakan, selama 10 hari pertama masa kampanye, Bawaslu telah mencatat adanya 9.181 kampanye dengan metode pertemuan terbatas oleh peserta pemilihan di Indonesia. Berkenaan dengan tidak terpenuhinya protokol kesehatan, Bawaslu Kabupaten/Kota telah mengeluarkan 70 surat peringatan dan sebanyak 48 dibubarkan.

Memberi peringatan hingga rekomendasi penghentian atau pembubaran kegiatan, ketika tidak terpenuhinya syarat berkampanye di masa pandemi covid, merupakan tindakan jajaran Bawaslu untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Artinya, orang melihat apa yang kita lakukan terkait antisipasi wabah covid. Akan tetapi, jangan karena fokus isu covid, isu lain menjadi terabaikan,” katanya saat memberikan sambutan dalam kegiatan Rapat Kerja Teknis Pengawasan Kampanye di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Asahan tahun 2020, di Ballroom Singapore Land, Batubara, Jumat (16/10/2020).

Selain protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, Pengawas juga harus melihat potensi pelanggaran lain, seperti kampanye di luar jadwal, netralitas ASN, pemasangan alat peraga kampanye dan penyebaran bahan kampanye yang melanggar ketentuan, politik uang dan larangan-larangan kampanye lainnya.

Kunjungan Afifuddin ke Sumatera Utara dalam rangka Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Tim Pemeriksa Daerah Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu. Dalam kunjungannya, Afifuddin didampingi Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Sumut, Syafrida R Rasahan, Suhadi Sukendar Situmorang, Marwan, Henry Sitinjak, Agus Salam, Hardi Munte dan Johan Alamsyah, serta jajaran Sekretariat Bawaslu Sumut. (*)

Penulis : Edward F Bangun
Editor  : Edward F Bangun
Foto    : Wika

You may also like

Leave a Comment