Bawaslu Menjaga Integritas Penyelenggaraan Pilkada 

by admin

Medan, Bawaslu Sumut – Bawaslu mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada). Strategi pencegahan, pengawasan dan penindakan oleh Bawaslu demi terselenggaranya Pilkada yang berintegritas.

“Ada tiga hal yang dilakukan oleh Bawaslu, pertama pencegahan pelanggaran, kedua pengawasan pelaksanaan tahapan dan ketiga penindakan dugaan pelanggaran,” kata Ketua Bawaslu Sumatera Utara (Sumut) Syafrida R Rasahan acara Pembekalan Pilkada Berintegritas 2020 yang diselenggarakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut , Selasa (27/10/2020).

Pencegahan pelanggaran melalui pengawasan partisipatif. Mengajak seluruh elemen masyarakat, dan Peserta Pemilihan Pilkada untuk tidak melanggar aturan. Dalam melaksanakan kampanye, tetap patuh kepada protokol kesehatan pengendalian dan pencegahan corona virus disease-19 (Covid-19).

Bawaslu mengawasi secara langsung tahapan Pilkada yang dilaksanakan oleh seluruh jajaran KPU. Mengawasi langsung pelaksanaan kampanye oleh peserta di 23 Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilkada serentak tahun 2020.

Ketua KPU Sumut Herdensi mengatakan, peserta Pilkada harus taat aturan. Pada pelaksanaan kampanye harus memenuhi protokol kesehatan sebagaimana diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 13 tahun 2020. Selain itu, secara patuh juga melaporkan dana kampanye secara ril.

Pimpinan KPK Lili Pantauli Siregar mengatakan,  kegiatan yang bertemakan ”Mewujudkan Pimpinan Daerah Berkualitas Melalui Pilkada Serentak Yang Jujur Berintegritas” diselenggarakan KPK untuk mendorong perbaikan politik. Memastikan proses pilkada dilaksanakan dengan menjunjung tinggi nilai integritas.

Kegiatan dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Utara, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Bawaslu, KPU dan peserta Pemilihan dari tiga daerah, yakni Kota Binjai, Medan dan Kabupaten Serdang Bedagai.

Penulis : Wika
Editor  : Edward F Bangun
Foto    : Anju

You may also like

Leave a Comment