Perkuat Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Sumut Konsolidasi Bersama Alumni SKPP dan P2P

by admin

Medan, Bawaslu Sumut- Bertempat di Kantor Bawaslu Sumut di Jalan Adam Malik 193 Medan, Bawaslu Sumut menggelar pertemuan dengan alumni Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) dan Pendidikan Pengawasa Partisipatif (P2P) pada Sabtu (04/11/2023).

Pertemuan yang dilakukan dalam bentuk rapat konsolidasi ini dihadiri oleh perwakilan alumni SKPP 2019, SKPP 2020 (daring dan luring), SKPP 2021, P2P 2022 dan P2P 2023.

Anggota Bawaslu Sumut Suhadi Sukendar Situmorang menjelaskan bahwa tujuan dilakukannya rapat konsolidasi adalah bagaimana memperkuat pengawasan partisipatif melalui peran alumni SKPP dan P2P Sumut.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa tahapan pemilu sedang berlangsung yang di dalamnya tidak terlepas adanya gesekan, namun itulah konsekuensi demokrasi dimana ada perbedaan pilihan. Oleh karena itu peran aktif alumni SKPP dan P2P Sumut sangat penting melalui penguatan Pengawasan partisipatif,” ungkap Koordinator Divisi Pencegahan dan Parmas Bawaslu Sumut ini.

Suhadi menambahkan bahwa Bawaslu Sumut tetap mengharapkan alumni SKPP dan P2P menjadi virus pengawasan yang menyebarkan informasi pengawasan dimanapun berada.

“Informasi tentang pengawasan partisipatif yang kawan-kawan peroleh selama ini harus mampu disebar dan menyebar secara merata, contoh misalnya jika ada menemukan atau mengetahui dugaan pelanggaran agar melaporkan ke pengawas pemilu,” ungkap Suhadi.

Suhadi yang sering juga dijuluki Kepala Sekolah SKPP dan P2P oleh peserta ini mengajak alumni agar membentuk kegiatan yang memberi pelajaran bermanfaat bagi publik.

“Misalnya membentuk komunitas demokrasi, pemanfaatan media sosial, tulisan tentang pengawasan partisipatif atau kreativitas lain yang semua bermuara bagaimana peningkatan partisipasi masyarakat itu semakin baik,” tegasnya.

Dalam rapat konsolidasi ini para alumni melakukan review dan evaluasi atas rencana program yang sudah disusun pasca mengikuti kegiatan untuk melihat sejauh mana program tersebut terealisasi. Selanjutnya berdasarkan kesepakatan bersama bahwa alumni SKPP dan P2P Sumut merumuskan rencana tindak lanjut rapat konsolidasi yaitu pembentukan komunitas kader pengawas pemilu partisipatif lintas angkatan, Konsolidasi setiap daerah dari setiap angkatan (termasuk daring) dan mereview kembali program-program atau rencana tindak lanjut (RTL) masing masing kabupaten/kota pasca pendidikan yang dilanjutkan konsolidasi dengan Bawaslu Kabupaten/Kota masing-masing, meginventarisir akun media sosial yang dibentuk kader pengawas pemilu partisipatif, menginventarisir produk-produk Kader Pengawas pemilu Partisipatif, baik yang diproduksi bersama atau perorangan serta membentuk komunitas menulis dan merencanakan untuk membuat buku kumpulan tulisan kader pengawas pemilu partisipatif.

Hadir juga sebagai narasumber dalam rapat konsolidasi ini Ketua dan Anggota Bawaslu Sumut periode 2018-2023 yaitu Syafrida R Rasahan, Herdi Munte dan Hendry Sitinjak.

Penulis : Suryanti Lubis
Editor  : Septia
Foto    : Edu/Dhani

 

You may also like

Leave a Comment