Bawaslu Sumut Dorong Mahasiswa Berperan Aktif dalam Pengawasan Pemilu

by admin

Medan, Bawaslu Sumut- Anggota Bawaslu Sumut Suhadi Sukendar Situmorang mengajak mahasiswa untuk berperan aktif dalam pengawasan Pemilu melalui pengawasan partisipatif. Hal itu disampaikannya pada kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif kepada mahasiswa yang berasal dari berbagai kampus di Medan pada Kamis (23/11/2023).

“Mahasiswa diberi predikat sebagai intelektual muda yang kritis, kreatif dan milenial, dari 204 juta data pemilih tahun 2024, sekitar 66.3 juta lebih merupakan pemilih milenial, ini bukan angka yang kecil, oleh karena itu peran mahasiswa untuk terlibat dalam pengawasan partisipatif sangat penting,” tegas Suhadi yang hadir melalui zoom dihadapan peserta.

Menurut Koordinator Divisi Pencegahan dan Parmas Bawaslu Sumut ini bahwa mahasiswa juga harus mengkawal pelaksanaan pemilu.

” Peran mahasiswa tidak hanya sekedar datang ke TPS dan memberikan hak suara, namun juga harus turut mengkawal tahapan pelaksanaannya,” katanya.

Lebih lanjut, Anggota Bawaslu Sumut Periode 2018-2023 ini juga mengatakan bahwa mahasiswa harus turut menjaga moral dan integritas pelaksanaan pemilu.

” Bagaimana kita tau bahwa gerakan reformasi 98 itu dikumandangkan oleh mahasiswa, sudah selayaknya juga dalam pemilu 2024 ini, peran serta mahasiswa melalui penguatan pengawasan partisipatif mutlak dilakukan seperti tidak turut menyebarkan hoax atau politisasi SARA, tegasnya.

Suhadi juga mengajak mahasiswa untuk turut melaporkan jika ditemukan adanya dugaan pelanggaran pemilu.

” Desakan moral dari intelektual muda untuk turut membantu jajaran pengawas pemilu menemukan dugaan pelanggaran pemilu di semua daerah, jika anda menemukan adanya pelanggaran, segera laporkan ke Bawaslu. Sekembali dari sini, mari mengkampanyekan pemilu yang damai, jauh dari hoax sehingga mahasiswa sebagai kalangan intelektual membawa hal-hal baik di masyarakat demi pembangunan demokrasi di Indonesia,” pungkasnya.

Hadir juga dalam kegiatan ini narasumber dari akademisi yaitu Dr.Zulkarnaen (UINSU), Christina (Psikolog) dan Dr.Joen Purba (Universitas Quality).

Penulis : Suryanti Lubis
Editor  : Septia Maulid
Foto    : Edu

You may also like

Leave a Comment